AMALAN CALON PENGHUNI SURGA

OLEH : DR.H.AAM AMIRUDDIN,M.SI

Bismillahirahmannirrahiim

Hari ini kita akan bahas mengenai Amalan Calon Penghuni Surga , ibu dan bapak sebelum kita membahas amalan calon penghuni surga , sebenarnya amalan yang kita lakukan ini hanyalah satu unsur yang membuat orang itu masuk surga .Karena aslinya masuk surga mah kuncinya cuma satu dapat rahmat Allah . Tapi tidak apa –apa disini akan saya jelaskan amalan – amalan dalam beberapa surat.Kenikmatan surga itu bukan segala – galanya , jadi yang paling nikmat itu mendapatkan rido Alloh.

. جَنَّٰتُ عَدۡنٖ يَدۡخُلُونَهَا وَمَن صَلَحَ مِنۡ ءَابَآئِهِمۡ وَأَزۡوَٰجِهِمۡ وَذُرِّيَّٰتِهِمۡۖ وَٱلۡمَلَٰٓئِكَةُ يَدۡخُلُونَ عَلَيۡهِم مِّن كُلِّ بَابٖ  ٢٣ 

23.  (yaitu) surga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;

 

سَلَٰمٌ عَلَيۡكُم بِمَا صَبَرۡتُمۡۚ فَنِعۡمَ عُقۡبَى ٱلدَّارِ  ٢٤

24.  (sambil mengucapkan): "Salamun 'alaikum bima shabartum". Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.

Pintu surga itu banyak ,orang bisa masuk surga bisa karena ibadahnya yang rajin sering ke majelis talim , adanya orang masuk surga karena mencari nafkah dengan ridho Allah untuk keluarganya , adanya orang masuk surga karena dia merawat ibunya [ orang tuanya ] yang sakit keras, dia ngga pernah ikut ke majelis talim,dia ngga pernah ikut sholat berjamaah di mesjid tapi dia ridho merawat ibunya yang sakit . Jadi ternyata Allah itu maha adil , pintu surga itu banyak karena setiap orang beda – beda . Mungkin bagi orang kaya ountu surga itu kedermawanannya . Tapi apakah semua orang kaya ,kan tidak semua orang kaya boleh jadi dengan doanya . Boleh jadi orang itu berilmu kan dengan ilmunya . Tapi boleh jadi kan ada yang ilmu ngga punya,harta ngga punya tapi jeritan hatinya [doa ] itu yang membuat dia masuk surga . Jadi maksudnya orang bisa masuk surga itu bisa dari segala pintu . Amalan calon penghuni surga yaitu : 1. Orang yang memenuhi janji Allah dan tidak melanggar perjanjian / jangan menyalahi janji  [ pegang teguh janji kita dalam hidup ] terdapat dalam surat Ar- Ra’d ayat 20

ٱلَّذِينَ يُوفُونَ بِعَهۡدِ ٱللَّهِ وَلَا يَنقُضُونَ ٱلۡمِيثَٰقَ  ٢٠

Jadi saya punya janji anda punya janji , janji pertama kita kepada siapa ? Allah , apa janji kita ? ada dalam surat Al – Fatihah  yaitu  hanya kepada-MU kami menyembah dan hanya kepada-MU kami memohon pertolongan . Janji kedua kita kepada sesama manusia , misalkan janji pernikahan didalam surat An- Nisa ayat 21  

 

وَكَيۡفَ تَأۡخُذُونَهُۥ وَقَدۡ أَفۡضَىٰ بَعۡضُكُمۡ إِلَىٰ بَعۡضٖ وَأَخَذۡنَ مِنكُم مِّيثَٰقًا غَلِيظٗا  ٢١

21.  Bagaimana kamu akan mengambilnya kembali, padahal sebagian kamu telah bergaul (bercampur) dengan yang lain sebagai suami-isteri. Dan mereka (isteri-isterimu) telah mengambil dari kamu perjanjian yang kuat.

Contoh lainnya orang yang bekerja , jangan salah lho anda sudah melakukan perjanjian dengan perusahaan tempat anda bekerja , apalagi kalau anda jadi PNS anda itu membuat perjanjian dengan negara . Anak – anak perjanjiannya dengan sekolah . Amalan penghuni surga itu memenuhi janji , janji anda kepada Allah , janji anda kepada manusia . Bagi anda yang sudah berumah tangga perjanjian besar adalah perjanjian rumah tangga . Perjanjian agung adalah menjaga keutuhan rumah tangga . Tapi kalau satu dan lain hal ini karena kedaruratan anda harus bercerai , tapi bercerai kalau memang tidak ada jalan keluar kecuali harus bercerai . jadi perjanjian itu harus di penuhi baik perjanjian dengan Allah maupun perjanjian dengan sesama manusia . 2 . Amalan calon penghuni surga yang kedua menjaga tali silaturahmi  , menghubungkan silaturahmi bisa menjadi amalan masuk surga . Dalam surat Ar – Ra’d ayat 21

 

وَالَّذِينَ يَصِلُونَ مَا أَمَرَ اللَّهُ بِهِ أَن يُوصَلَ وَيَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ وَيَخَافُونَ سُوءَ الْحِسَابِ  (٢١) 

21.  dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk.

Kewajiban manusia itu menjaga silaturahmi , inti dari silaturahmi itu memaafkan kesalahan orang lain . Tapi kalau anda menjadi seorang yang pendendam susah untuk bisa menjaga silaturahmi . Nabi Saw bersabda “ Siapa yang keluar tidak ada yang menggerakkan hatinya kecuali ingin berjumpa dengan saudaranya, ingin mendoakan saudaranya , sejak dia keluar rumah sampai dia kedalam rumah lagi , dia berada di taman – taman surga “ . 3. Amalan calon penghuni surga yang ke tiga , takut dengan penghisaban yang buruk . Ibu dan bapak  nanti kita akan mendapatkan keadaan dimana kita akan mengalami satu kondisi dimana kita menjadi orang yang sangat  egois . Apa egois? Kita ngga akan peduli lagi pada siapapun pada teman bahkan pada ayah ibu kita , bahkan pada anak – anak kita , kita hanya ngurusin diri kita sendiri                                .

 

 

فَإِذَا جَاءَتِ الصَّاخَّةُ  (٣٣) 

33.  Dan apabila datang suara yang memekakkan (tiupan sangkakala yang kedua),

Ketika suara keras membangunkan anda dari tidurnya [ mati ] saat itu setiap orang akan lari dari temannya , akan meninggalkan ibu bapaknya . meninggalkan pasangan hidup dan anak – anaknya .

 

يَوْمَ يَفِرُّ الْمَرْءُ مِنْ أَخِيهِ  (٣٤) وَأُمِّهِ وَأَبِيهِ  (٣٥) وَصَاحِبَتِهِ وَبَنِيهِ  (٣٦) لِكُلِّ امْرِئٍ مِّنْهُمْ يَوْمَئِذٍ شَأْنٌ يُغْنِيهِ  (٣٧) 

34.  pada hari ketika manusia lari dari saudaranya,

35.  dari ibu dan bapaknya,

36.  dari istri dan anak-anaknya.

37.  Setiap orang dari mereka pada hari itu mempunyai urusan yang cukup menyibukkannya.

Artinya kita akan menjadi orang yang egois . Dalam firman Allah Al – Insyiqaq

 

فَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِيَمِينِهِ  (٧) 

7.  Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya,

فَسَوْفَ يُحَاسَبُ حِسَابًا يَسِيرًا  (٨) 

8.  maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah,

 

وَيَنقَلِبُ إِلَىٰ أَهْلِهِ مَسْرُورًا  (٩) 

9.  dan dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira.

Berarti amalan yang baik akan mendapatkan catatan amalannya dari sebelah kanan . وَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ وَرَاءَ ظَهْرِهِ  (١٠) فَسَوْفَ يَدْعُو ثُبُورًا  (١١) وَيَصْلَىٰ سَعِيرًا  (١٢) 

10.  Adapun orang-orang yang diberikan kitabnya dari belakang,

11.  maka dia akan berteriak: "Celakalah aku".

12.  Dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).

Berarti amalan yang dilakukan orang disini amalan yang buruk / berat .

Berikutnya kita kembali ke surat Ar – Ra’d ayat 22

 

وَالَّذِينَ صَبَرُوا ابْتِغَاءَ وَجْهِ رَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً وَيَدْرَءُونَ بِالْحَسَنَةِ السَّيِّئَةَ أُولَٰئِكَ لَهُمْ عُقْبَى الدَّارِ  (٢٢) 

22.  Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik),

4. Amalan calon penghuni surga yang ke empat itu adalah sabar .

5. Amalan calon penghuni surga yang ke lima adalah mendirikan sholat . Sholat itu menjadi amalan penghuni surga kenapa? Karena tidak ada ibadah yang integritid kecuali sholat . Sholat itu pertama ibadah jasadiyah [ fisik ] .Makanya Nabi Saw sholatlah sambil berdiri, apabila tidak mampu sholatlah sambil duduk, apabila tidak mampu kamu sholat sambil berbaring , berarti sholat itu ibadah fisik . Yang kedua : sholat itu ibadah Aqli’ah [ akal ] karena sholat itu butuh akal untuk menghapal surat – surat dalam Al – Qur’an .

6. Amalan calon penghuni surga yang ke enam menafkahkan harta terbaik , baik terang – terangan maupun sembunyi . Masih termasuk didalam surat ar- ra’d ayat 22.

7. Amalan calon penghuni surga yang ketujuh adalah membalas keburukan dengan kebaikan . Apabila ketujuh amalan diatas kita lakukan maka balasannya Allah akan menjanjikan surga  dalam surat Ar- ra’d ayat 23 – 24.